Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

enerapan Model Pembelajaran Kooperatif PDhato terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author S., Dwi Rahmadani
dc.date.accessioned 2018-02-06T03:52:21Z
dc.date.available 2018-02-06T03:52:21Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1469
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketuntasan klasikal siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan catatan lapangan sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar tes akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif P-Dhato pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo. Hal ini ditunjukan pada siklus I, bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal tes evaluasi masih kurang, hal tersebut didukung dengan diperolehnya persentase pemahaman konsep matematika sebesar 66,875%. Sedangkan pada siklus II kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sudah terlihat jauh lebih baik karena dalam pembelajaran setiap siswa diberikan pemahaman tersendiri tentang materi atau permasalahan yang ada pada soal, hal tersebut didukung dengan diperolehnya persentase kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 78,4375%. Ketuntasn klasikal sebelum diterapkan model pembelajarann kooperatif P-Dhato hanya 22%, pada siklus I meningkat menjadi 46,875% dan 78,125% pada siklus II. Hal ini ditunjukan dari banyaknya siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I yaitu 15 siswa dan pada siklus II yaitu 25 siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject P-Dhato, Pemahaman Konsep Matematika en_US
dc.title enerapan Model Pembelajaran Kooperatif PDhato terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account