Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan komunikasi
matematis kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP
Negeri 22 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode angket,
metode tes, dan catatan lapangan sedangkan instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar angket aktivitas belajar siswa,
lembar tes akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan persentase dan ratarata.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran
Think Pair Share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa dan komunikasi matematis pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII
D SMP Negeri 22 Purworejo. Keadaan ini ditunjukkan bahwa pada hasil
persentase observasi aktivitas belajar pada siklus I 68,88% meningkat pada siklus
II menjadi sebesar 77,08% dalam kategori baik. Ditunjukkan pada hasil nilai
persentase angket aktivitas belajar siswa 79,78% meningkat pada siklus II sebesar
81,15% dalam kategori baik. Serta berdasarkan hasil persentase tes komunikasi
matematis 64,49% dengan rata-rata hasil tes komunikasi matematis sebesar 64,28
pada siklus I meningkat pada siklus II dengan hasil persentase tes komunikasi
matematis 76,04% dengan rata-rata hasil tes komunikasi matematis sebesar 75,90.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think
Pair Share pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa dan komunikasi matematis di kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo.