Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Z., Fikriyana
dc.date.accessioned 2018-02-06T04:08:58Z
dc.date.available 2018-02-06T04:08:58Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1474
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan komunikasi matematis kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode angket, metode tes, dan catatan lapangan sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar angket aktivitas belajar siswa, lembar tes akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan persentase dan ratarata. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan komunikasi matematis pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo. Keadaan ini ditunjukkan bahwa pada hasil persentase observasi aktivitas belajar pada siklus I 68,88% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 77,08% dalam kategori baik. Ditunjukkan pada hasil nilai persentase angket aktivitas belajar siswa 79,78% meningkat pada siklus II sebesar 81,15% dalam kategori baik. Serta berdasarkan hasil persentase tes komunikasi matematis 64,49% dengan rata-rata hasil tes komunikasi matematis sebesar 64,28 pada siklus I meningkat pada siklus II dengan hasil persentase tes komunikasi matematis 76,04% dengan rata-rata hasil tes komunikasi matematis sebesar 75,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan komunikasi matematis di kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Siswa, Komunikasi Matematis, Think Pair Share en_US
dc.title Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Kelas VII D SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account