Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Handout Fisika Berbasis CORE (Connecting,Organizing, Reflecting and Extending) untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills pada Peserta Didik SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Fatikhakh, Nurul
dc.date.accessioned 2018-02-06T04:19:30Z
dc.date.available 2018-02-06T04:19:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1475
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan handout Fisika berbasis CORE, mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan handout Fisika berbasis CORE dan mengetahui peningkatan HOTS peserta didik setelah penggunaan handout Fisika berbasis CORE pada proses pembelajaran. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap-tahapnya meliputi, analyze, design, development, implementation dan evaluation. Uji coba produk dilaksanakan kepada peserta didik kelas X program MIPA di SMA Negeri 1 Pejagoan. Untuk mendapat interpretasi data-data yang diperoleh dilakukan analisis data dengan mengubah skor dari skala empat ke dalam bentuk persentase. Kemudian menghitung nilai Percentage Agreement (PA) untuk mengetahui reliabilitas keterlaksanaan pembelajaran. Serta normalized gain untuk mengetahui peningkatan HOTS peserta didik dari hasil pre-test dan posttest. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh beberapa data uji validasi, dengan rerata skor dari validator I adalah 3,29 termasuk dalam kriteria cukup baik, rerata skor dari validator II adalah 3,37 termasuk kriteria cukup baik dan rerata skor dari validator III adalah 3,78 termasuk kriteria baik sedangkan rerata skor dari ketiga validator 3,48. Sehingga handout Fisika berbasis CORE ini dalam kategori “baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran Fisika. Perolehan uji respon yang dilakukan didapat skor untuk aspek penggunaan 2,89 sehingga termasuk kriteria “Cukup”. Untuk skor aspek kebahasaan 2,84 dalam kriteria “Cukup”. Skor aspek kelayakan isi 3,02 kriteria “Cukup”. Aspek penampilan mendapat skor 3,09 memiliki kriteria “Baik”. Rerata skor uji respon peserta didik adalah 2,96 dengan kategori “Cukup”. Kemudian Handout Fisika Berbasis CORE ini dapat meningkatkan high order thinking skills pada aspek kognitif peserta didik SMA kelas X SMA N 1 Pejagoan dengan diperoleh normalized gain 0,6981 dengan kategori “Sedang”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Handout Fisika Berbasis CORE dapat menjadi alternatif bahan ajar untuk pembelajaran Fisika SMA. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Handout Fisika, Model CORE, HOTS en_US
dc.title Pengembangan Handout Fisika Berbasis CORE (Connecting,Organizing, Reflecting and Extending) untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills pada Peserta Didik SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account