Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Handout Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Bermuatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Simbolik Peserta Didik Kelas XI

Show simple item record

dc.contributor.author Rochimah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-06T04:23:03Z
dc.date.available 2018-02-06T04:23:03Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1476
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan (R&D) guna menghasilkan, mengetahui kelayakan handout, mengetahui pengaruh handout dalam meningkatkan kemampuan bahasa simbolik dan mengetahui respon peserta didik terhadap handout. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Binangun, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data dengan nilai persen, Percentage Agreement dan normalized gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor hasil validasi oleh tiga validator sebesar 3,53 dengan kriteria baik sehingga handout LAPS-Heuristik bermuatan multi representasi ini layak digunakan dalam pembelajaran Fisika dengan sedikit revisi. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik analisis data Percentage Agreement dari dua observer sebesar 97% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji respon peserta didik terhadap penggunaan handout LAPS-Heuristik bermuatan multi representasi ini menyatakan bahwa handout termasuk dalam kriteria baik dengan skor 3,42 atau dinyatakan dalam persentase adalah 85%. Penggunaan handout LAPS-Heuristik bermuatan multi representasi ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa simbolik peserta didik dengan perolehan nilai normalized gain adalah 0,73 yang termasuk pada kriteria tinggi. Dengan demikian, Handout Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Bermuatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Simbolik Peserta Didik Kelas XI dapat dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Fisika SMA yang mampu meningkatkan kemampuan bahasa simbolik peserta didik. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject handout, Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik), multi representasi, kemampuan bahasa simbolik, R&D en_US
dc.title Pengembangan Handout Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Bermuatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Simbolik Peserta Didik Kelas XI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account