dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian pengembangan (R&D) guna menghasilkan,
mengetahui kelayakan handout, mengetahui pengaruh handout dalam
meningkatkan kemampuan bahasa simbolik dan mengetahui respon peserta didik
terhadap handout.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1
Binangun, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data
kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data dengan nilai persen, Percentage
Agreement dan normalized gain.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor hasil validasi oleh tiga
validator sebesar 3,53 dengan kriteria baik sehingga handout LAPS-Heuristik
bermuatan multi representasi ini layak digunakan dalam pembelajaran Fisika
dengan sedikit revisi. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
teknik analisis data Percentage Agreement dari dua observer sebesar 97% dengan
kriteria sangat baik. Hasil uji respon peserta didik terhadap penggunaan handout
LAPS-Heuristik bermuatan multi representasi ini menyatakan bahwa handout
termasuk dalam kriteria baik dengan skor 3,42 atau dinyatakan dalam persentase
adalah 85%. Penggunaan handout LAPS-Heuristik bermuatan multi representasi
ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa simbolik peserta didik dengan
perolehan nilai normalized gain adalah 0,73 yang termasuk pada kriteria tinggi.
Dengan demikian, Handout Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik)
Bermuatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa
Simbolik Peserta Didik Kelas XI dapat dikategorikan baik dan layak digunakan
sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Fisika SMA yang
mampu meningkatkan kemampuan bahasa simbolik peserta didik. |
en_US |