Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Handout Fisika Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Puji
dc.date.accessioned 2018-02-06T04:25:04Z
dc.date.available 2018-02-06T04:25:04Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1477
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar berupa handout fisika berbasis Team Assisted Individualization guna mengetahui: (1) kelayakan handout fisika yang dikembangkan, (2) respon peserta didik terhadap handout fisika yang dikembangkan, dan (3) peningkatan berpikir kritis peserta didik. Desain pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 peserta didik. Materi yang dikembangkan adalah Teori Kinetik Gas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh berupa data kuantitatif, sedangkan analisis data menggunakan persentase dan Percentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kelayakan handout fisika berbasis Team Assisted Individualization oleh dosen ahli dan guru fisika dengan rerata skor dari dosen ahli sebesar 3,35 dan guru fisika sebesar 3,64 dengan kategori “baik” sehingga handout ini layak digunakan sebagai bahan ajar dengan sedikit revisi. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement sebesar 93,3% sehingga data yang dihasilkan “reliabel”. Respon peserta didik terhadap handout fisika berbasis Team Assisted Individualization pada tahap penerapan secara keseluruhan diperoleh persentase 77,8% dengan kategori “baik”. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 98,45% degan kategori “sangat baik”. Ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 85 untuk post-test sehingga secara klasikal sudah mencapai KKM sebesar 75. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada tahap penerapan diperoleh N-gain sebesar 0,581 dengan kategori peningkatan “sedang”. Dengan demikian handout fisika berbasis Team Assisted Individualization yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar fisika pada pokok bahasan Teori Kinetik Gas serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Handout, Team Assisted Individualization (TAI), Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengembangan Handout Fisika Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account