Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Alat Peraga Kalor Jenis Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Berbasis Arduino

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjanah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-06T05:17:36Z
dc.date.available 2018-02-06T05:17:36Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1481
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan alat peraga kalor jenis berbasis arduino untuk: (1) mengembangkan alat peraga kalor jenis, (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan alat peraga kalor jenis dalam proses pembelajaran suhu dan kalor. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo dan dilaksanakan di MA Syamsul Huda Kedungreja dengan subjek penelitian pada tahap uji coba terbatas berjumlah 5 mahasiswa dan pada tahap uji keterlaksanaan berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi, wawancara, angket, uji coba laboratorium. Berdasarkan analisis data: (1) Pada pengujian alat peraga diperoleh nilai ralat kalor jenis alumunium (0,217 ± 0,002) kal/gr 0C, (0,215 ± 0,000) kal/gr 0C, (0,213 ± 0,002) kal/gr 0C, dan nilai ralat kalor jenis besi (0,108 ± 0,001) kal/gr 0C, (0,106 ± 0,001) kal/gr 0C, dan (0,105 ± 0,001 kal/gr 0C) dengan nilai acuan standar untuk kalor jenis alumunium 0,215 kal/g 0C dan besi 0,107 kal/g 0C yang dilakukan secara berturut turut dengan masa yang berbeda yaitu 20 gr, 50 gr dan 100 gr dapat menunjukan bahwa alat peraga kalor jenis memiliki nilai keakuratan yang baik, (2) Validasi alat peraga kalor jenis dari 3 validator ahli yang terdiri dari dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru mata pelajaran fisika, diperoleh rerata nilai persentase sebesar 82,85% dengan kategori sangat baik,(3) Hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran menggunakan alat peraga yang dilakukan oleh observer diperoleh persentase dengan rerata sebesar 85% kategori sangat baik, (4) Respon siswa terhadap penggunaan alat peraga kalor jenis diperoleh rerata nilai persentase sebesar 82,98% kategori sangat baik. Dengan demikian alat peraga kalor jenis berbasis arduino layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Alat peraga, suhu dan kalor, Arduino en_US
dc.title Pengembangan Alat Peraga Kalor Jenis Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Berbasis Arduino en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account