Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Nofi
dc.date.accessioned 2018-02-06T05:18:46Z
dc.date.available 2018-02-06T05:18:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1482
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran (AIR) dapat meningkatkan Kemandirian belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII E SMP Negeri 12 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Negeri 12 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemandirian belajar siswa, lembar angket kemandirian belajar siswa, lembar tes akhir siklus. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif kemudian didiskripsikan secara kualitatif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran (AIR) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII E SMP N 22 Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan, kemandirian belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat terlihat dari: persentase rata-rata setiap indikator dari hasil observasi dan hasil angket pada siklus I mencapai 65,82% dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 42,89% atau sekitar 13 siswa, dan pada siklus II rata-rata setiap indikator mencapai 73,76% dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 75% atau sekitar 24 siswa. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII E SMP N 12 Purworejo. Pada siklus I, persentase rata-rata setiap indikator mencapai 60,06% dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 37,5% atau sekitar 12 siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata setiap indikator mencapai 75,19% dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 75% atau sekitar 24 siswa. Hal tersebut didukung dengan data kualitatif yang menunjukkan bahwa (1) siswa terlihat lebih mandiri dan tidak mengandalkan kemampuan teman lainnya dalam menyelesaikan soal matematika; (2) siswa mempunyai inisiatif dalam memperoleh ilmu pengetahuan; (3) siswa lebih aktif menjawab soal yang diberikan oleh peneliti; (4) siswa lebih memiliki kepercayaan diri dalam pembelajaran; (5) dalam mengerjakan soal matematika, sebagian besar siswa mampu merencanakan masalah dan menyelesaikannya dengan benar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Kemandirian belajar, Kemampuan pemecahan masalah, Auditory Intellectually Repetition (AIR) en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account