Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasikan kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman pada manisan carica CV Yuasafood Kabupaten
Wonosobo, 2) mengetahui matriks IFAS dan EFAS pengembangan pasar manisan
carica CV Yuasafood Kabupaten Wonosobo, 3) mengetahui alternative strategi
pengembangan pada pemasaran manisan carica CV Yuasafood Kabupaten
Wonosobo.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengambilan
sampel lokasi penelitian dan sampel informan dilakukan secara purposive
sampling. Sampel informan kunci sebanyak 3 orang dari CV Yuasafood dan
informan biasa sebanyak 3 orang yang menjual produk manisan CV Yuasafood.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor internal dan eksternal,
matriks IFAS dan EFAS, dan analisis matriks SWOT.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa prospek pengembangan pasar
manisan carica CV Yuasafood secara keseluruhan berdasarkan hasil akhir analisis
matriks IFAS total skor sebesar 2,61. Yang terdiri dari nilai total skor kekuatan
sebesar 1,71 dan kelemahan sebesar 0,90. Hal ini menunjukkan posisi internal
industri manisan carica berada di atas rata-rata dalam kekuatan internal secara
keseluruhan, yaitu diatas 2,50. Adapun total skor rata-rata tertimbang dari matriks
EFAS sebesar 2,86 yang terdiri dari nilai total skor peluang sebesar 1,89 dan
ancaman sebesar 0,97. Hal ini menunjukkan posisi eksternal industri manisan
carica di Kabupaten Wonosobon berada di atas rata-rata dalam kekuatan eksternal
secara keseluruhan, yaitu diatas 2,50. Hasil analisis SWOT adalah untuk: Strategi
S-O : Pemanfaatan SDA yang ada, Pengembangan pasar, Dukungan pemerintah
daerah, Strategi W-O:Memanfaatkan teknologi informasi,Mengadakan pelatihan
untuk meningkatkan SDM dalam mengoptimalkan promosi, Strategi S-T :
Menjaga kualitas produk, Membangun kejasama dengan pemasok bahan baku,
Inovasi produk, Strategi W-T : Melakukan perbaikan dalam kelompok organisasi,
Perbaikan sistem promosi pasar.