Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik dapat meningkatkan sikap belajar siswa kelas VIII H MTs
Negeri Triwarno Kutowinangun Tahun Ajaran 2016/2017; (2) apakah pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan representasi
matematis siswa kelas VIII H MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Tahun Ajaran
2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mengukur
sikap belajar setiap pertemuan dan teknik tes untuk mengukur kemampuan
representasi matematis tulis yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Instrumen
yang digunakan berupa lembar observasi sikap belajar serta tes evaluasi yang
berbentuk soal uraian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) sikap belajar siswa dalam belajar
matematika mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 11,11% pada
siklus I menjadi 59,26% pada siklus II; (2) kemampuan representasi matematis
siswa dalam belajar matematika mengalami peningkatan dengan persentase
sebesar 22,22% pada siklus I menjadi 66,67% pada siklus II.