Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model
pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kepercayaan diri
dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII F SMP N 12 Purworejo
tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F SMP N 12
Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik observasi, tes, metode angket, dan metode dokumentasi sedangkan
instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kepercayaan diri siswa,
lembar angket kepercayaan diri siswa, lembar tes akhir siklus. Teknik analisis data
menggunakan persentase dan rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Means-
Ends Analysis (MEA) ditunjukkan bahwa pada hasil persentase observasi
kepercayaan diri siswa pada siklus I 59,37% meningkat pada siklus II menjadi
sebesar 81,25% dalam kategori baik. Ditunjukkan pada hasil nilai persentase
angket kepercayaan diri siswa 65,62% meningkat pada siklus II sebesar 84,37%
dalam kategori baik. Serta berdasarkan hasil persentase tes kemampuan
pemecahan masalah 56,52% dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan
masalah sebesar 69,66 pada siklus I meningkat pada siklus II dengan hasil
persentase tes kemampuan pemecahan masalah 78,12% dengan rata-rata hasil tes
kemampuan pemecahan masalah sebesar 80,08. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA)
pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan
kemampuan pemecahan masalah di kelas VII F SMP N 12 Purworejo.