Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII F SMP N 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Laeli, Rohmatin
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:02:15Z
dc.date.available 2018-02-06T06:02:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1489
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII F SMP N 12 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F SMP N 12 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, metode angket, dan metode dokumentasi sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kepercayaan diri siswa, lembar angket kepercayaan diri siswa, lembar tes akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) ditunjukkan bahwa pada hasil persentase observasi kepercayaan diri siswa pada siklus I 59,37% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 81,25% dalam kategori baik. Ditunjukkan pada hasil nilai persentase angket kepercayaan diri siswa 65,62% meningkat pada siklus II sebesar 84,37% dalam kategori baik. Serta berdasarkan hasil persentase tes kemampuan pemecahan masalah 56,52% dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 69,66 pada siklus I meningkat pada siklus II dengan hasil persentase tes kemampuan pemecahan masalah 78,12% dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 80,08. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan kemampuan pemecahan masalah di kelas VII F SMP N 12 Purworejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Kepercayaan Diri dalam Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Means-Ends Analysis (MEA) en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII F SMP N 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account