dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional guna mengetahui: (1) kelayakan modul fisika dengan konten kecerdasan emosional yang dikembangkan, (2) peningkatan High Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik, dan (3) respon peserta didik setelah menggunakan modul fisika dengan konten kecerdasan emosional yang telah dikembangkan.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Nusawungu dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 4 peserta didik dan pada tahap penerapan berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Modul fisika dengan konten kecerdaasan emosional telah melalui beberapa kali tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari validator dan uji coba lapangan.
Hasil validasi modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional dari tiga validator yaitu dua dosen ahli dan guru fisika mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,43, termasuk dalam kategori cukup baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement 98,74% sehingga data yang dihasilkan reliabel. Setelah menggunakan modul fisika dengan konten kecerdasan emosional, peningkatan HOTS tahap penerapan diperoleh N-gain 0,668 dan termasuk kategori peningkatan sedang. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional pada uji coba terbatas diperoleh persentase 76,56% dengan kategori baik dan tahap penerapan diperoleh persentase 84,1% dengan kategori baik. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika dengan konten kecerdasan emosional yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik SMK. |
en_US |