Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika
pendekatan realistik sebagai sumber belajar untuk siswa Sekolah Menengah
Pertama. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG yang berjumlah 29 anak.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Purworejo. Pengembangan
dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: Analysis, Desain, Development,
Implementation, dan Evaluation. Dalam modul yang dikembangkan terdapat tiga
kegiatan belajar masing-masing kegiatan belajar terdapat uraian materi yang
disajikan secara inkuiri dan masalah yang disajikan bersifat riil, contoh soal
sebagai aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari, latihan soal untuk menguji
pemahaman siswa mengenai isi materi, serta aktifitas kelompok untuk
meningkatkan siswa dalam berpikir kreatif dan inovatif. Di setiap akhir materi
disajikan refleksi yang berguna untuk mendalami materi yang telah dipelajari.
Berdasarkan hasil penelitian, modul matematika “sistem persamaan linear dua
variabel” termasuk dalam modul yang valid dan praktis. Kevalidan modul
diperoleh dari penilaian para ahli yang menyatakan bahwa modul tersebut
dinyatakan valid. Kepraktisan modul dilihat dari keterlaksanaan proses kegiatan
pembelajaran, angket untuk guru dan siswa, dan wawancara dengan guru
matematika. Berdasarkan lembar observasi kegiatan pembelajaran, keterlaksanaan
proses kegiatan pembelajaran mencapai 85% yang termasuk dalam kategori tinggi
sehingga modul dinyatakan praktis. Berdasarkan angket, penilaian terhadap modul
yang telah dikembangkan sebesar 3,6 yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan angket siswa, penilaian terhadap modul yang telah dikembangkan
sebesar 3,32 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dari uraian diatas dapat
disimpulkan bahwa modul tersebut dinyatakan memenuhi modul valid, praktis
dan dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SMP.