Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Modul Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Masalah Pada Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Ryananda, Sumaritoyo
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:08:55Z
dc.date.available 2018-02-06T06:08:55Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1491
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika pendekatan realistik sebagai sumber belajar untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG yang berjumlah 29 anak. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Purworejo. Pengembangan dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam modul yang dikembangkan terdapat tiga kegiatan belajar masing-masing kegiatan belajar terdapat uraian materi yang disajikan secara inkuiri dan masalah yang disajikan bersifat riil, contoh soal sebagai aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari, latihan soal untuk menguji pemahaman siswa mengenai isi materi, serta aktifitas kelompok untuk meningkatkan siswa dalam berpikir kreatif dan inovatif. Di setiap akhir materi disajikan refleksi yang berguna untuk mendalami materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian, modul matematika “sistem persamaan linear dua variabel” termasuk dalam modul yang valid dan praktis. Kevalidan modul diperoleh dari penilaian para ahli yang menyatakan bahwa modul tersebut dinyatakan valid. Kepraktisan modul dilihat dari keterlaksanaan proses kegiatan pembelajaran, angket untuk guru dan siswa, dan wawancara dengan guru matematika. Berdasarkan lembar observasi kegiatan pembelajaran, keterlaksanaan proses kegiatan pembelajaran mencapai 85% yang termasuk dalam kategori tinggi sehingga modul dinyatakan praktis. Berdasarkan angket, penilaian terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 3,6 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan angket siswa, penilaian terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 3,32 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa modul tersebut dinyatakan memenuhi modul valid, praktis dan dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SMP. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, modul, realistik en_US
dc.title Pengembangan Modul Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Masalah Pada Siswa SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account