Abstract:
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas handout Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan multi representasi, (2) peningkatan kemampuan pemodelan matematis peserta didik melalui handout Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan multi representasi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Purworejo dengan sampel kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 kelas control. Uji coba terbatas 10 peserta didik, dan 32 peserta didik tahap penerapan. Uji coba produk menggunakan desain posttest-only control design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon peserta didik, dan tes kemampuan pemodelan matematis.
Hasil analisis data yaitu: (1) Kualitas handout dapat dilihat dari aspek validasi, keterlaksanaan pembelajaran, respon peserta didik terhadap handout dan ketuntasan belajar peserta didik. Hasil validasi handout MEAs dengan multi representasi dari tiga validator, yaitu dua dosen ahli dan guru fisika dengan skor penilaian secara keseluruhan sebesar 3,52 (sangat baik). Persentase keterlaksanaan pembelajaran keempat pertemuan yaitu 90,39% (sangat baik). Respon peserta didik terhadap handout memperoleh persentase sebesar 84,51% (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar menggunakan handout pada kelas eksperimen sebesar 78,13%. Penggunaan handout Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan multi representasi mampu meningkatkan kemampuan pemodelan matematis peserta didik berdasarkan uji hipotesis. Statistik uji-t diperoleh sebesar 4,548 dimana besar 2,000 dengan taraf signifikan 0,05. H0 ditolak jika kriteria pengujian pada uji hipotesis yaitu . Hasil penilaian tersebut mengindikasikan bahwa handout yang dikembangkan mempunyai kualitas yang baik dan mampu meningkatkan kemampuan pemodelan matematis.