dc.contributor.author |
Lestari, Wahyu |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-06T06:14:41Z |
|
dc.date.available |
2018-02-06T06:14:41Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1493 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika
pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C SMP
Negeri 22 Purworejo yang berjumlah 32 siswa.Pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi dan metode tes, sedangkan instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi aktivitas belajar dan lembar tes akhir siklus. Teknik
analisis data menggunakan persentase dan rata-rata.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran
TPS dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
pemahaman konsep matematika pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII
C SMP Negeri 22 Purworejo. Keadaan ini ditunjukkan pada hasil persentase
observasi aktivitas belajar pada siklus I 70,23% meningkat pada siklus II
menjadi76,73% dalam kategori baik. Ditunjukkan hasil persentase tes pemahaman
konsep matematika 69,21% dengan rata-rata hasil tes pemahaman konsep
matematika 68,80% pada siklus I meningkat pada siklus II dengan hasil
presentase tes pemahaman konsep matematika 75% dengan rata-rata hasil tes
pemahaman konsep matematika sebesar 75,80. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep, TPS |
en_US |
dc.title |
Peningkatan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TPS Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |