Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan Handout Fisika Berbasis Experiental Learning guna mengetahui: (1) kelayakan Handout Fisika Berbasis Experiental Learning yang dikembangkan, (2) tanggapan peserta didik terhadap Handout Fisika Berbasis Experiental Learning yang dikembangkan, dan (3) peningkatan berpikir kreatif peserta didik.
Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Purworejo dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 4 peserta didk dan pada uji coba luas berjumlah 18 peserta didk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar.
Berdasarkan analisis data yaitu: (1) hasil validasi Handout fisika Berbasis Experiental Learning dari 3 validator yang terdiri dari dua dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika,mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar 3,56 termasuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement 97% sehingga data yang dihasilkan reliabel (2) Tanggapan peserta didik Handout Fisika berbasis Experiental Learning yang dikembangkan yaitu baik, hal ini ditunjukkan dari angket uji coba terbatas sebesar 89,25% dan angket uji coba luas 92%. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan Handout Fisika berbasis Experiental Learning tinggi, hal ini ditunjukan dari besarnya nilai normal gain 0,818. Dengan demikian Handout Fisika Berbasis Exeriental Learning layak dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran.