Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan
emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada materi
lingkaran siswa kelas VIII SMP di kecamatan Petanahan. Penelitian ini termasuk
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 273 siswa dan
sampel sebanyak 152 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random
sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode tes dan
metode angket. Analisis data menggunakan uji korelasi Kendall Tau dan Kendall
W.
Hasil penelitian berurutan menunjukkan bahwa ada pengaruh: (1)
berarti semakin baik kecerdasan emosional maka semakin baik pula prestasi
belajar matematikanya; (2) berarti semakin baik minat belajar maka
semakin baik pula prestasi belajar matematikanya; (3) berarti
semakin baik kecerdasan emosional maka semakin baik pula minat belajarnya; (4)
berarti semakin baik kecerdasan emosional dan minat belajar maka
semakin baik pula prestasi belajar matematikanya.