Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Modul Fisika Berbasis Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Negeri Nusawungu

Show simple item record

dc.contributor.author Kusumawardani, Laela Nur
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:27:00Z
dc.date.available 2018-02-06T06:27:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1499
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian dan pengembangan guna menghasilkan modul untuk mengetahui respon peserta didik, mengetahui kualitas modul hasil pengembangan, mengetahui peningkatan kemampuan metakognitif dan hasil belajar peserta didik. Jenis pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TP 1 SMK Negeri Nusawungu Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 orang. Materi yang digunakan pada modul adalah Fluida Statis dan Dinamis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data menggunakan persentase dan Precentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari dua dosen ahli sebesar 3,28 dan guru Fisika sebesar 3,29 dengan interpretasi “cukup baik” sehingga modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar dengan sedikit revisi. Ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 78,63 untuk post-test sehingga secara klasikal sudah mencapai KKM (70). Peningkatan kemampuan metakognitif dan hasil belajar diperoleh kriteria gain 0,671 dan termasuk kategori sedang. Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan pada uji coba terbatas diperoleh persentase 83,42% dengan interpretasi “baik” dan tahap penerapan diperoleh persentase 84,58% dengan interpretasi “baik”. Dengan demikian modul Fisika berbasis self regulated learning dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar Fisika pada pokok bahasan Fluida Statis dan Dinamis. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Modul, Self Regulated Learning, Kemampuan Metakognitif, Hasil belajar en_US
dc.title Pengembangan Modul Fisika Berbasis Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Negeri Nusawungu en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account