Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar
dengan pendekatan Contextual pada materi gerak lurus di SMK putra Bangsa Salaman.
Subyek penelitian seluruh siswa kelas X TKR SMK Putra Bangsa Salaman tahun
pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 79 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39
siswa kelas X TKR A. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan
dengan teknik unrestricted random sample. Metode pengumpulan data menggunakan
metode tes dan angket.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif pada peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan program excell
dan dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase
motivasi belajar siswa meningkat sebesar 30,77% pada kriteria tinggi dan 23,078 % pada
kriteria sangat tinggi, dan terjadi penurunan pada kriteria sebdang sebesar 53,84%.
Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 25,6% meningkat menjadi 79,5% pada siklus II,
sehingga disimpulkan pendekatan Contextual mampu meningkatkan motivas dan hasil
belajar siswa. Dalam hal ini pendekatan Contextual mampu dijadikan sebagai alternatif
pendekatan dalam proses belajar mengajar Fisika.