Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Ajaran 2016 / 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Kumara, Bagus Candra
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:29:36Z
dc.date.available 2018-02-06T06:29:36Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1501
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keaktifan belajar dan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo yang berjumlah 224 siswa dan terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk menghitung normalitas, uji Bartlett untuk menghitung homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat. Hasil perhitungan uji hipotesis kemampuan akhir pada kelas kontrol dan eksperimen sebesar tobs = 1,748 dengan α = 0.05 dan ttabel = 3,15. Karena tobs ttabel, maka H0 diterima. Sehingga kesimpulannya adalah prestasi belajar dan keaktifan siswa SMPN 26 kelas VII pada semester ganjil tahun 2015/2016 pada model pembelajaran The power of Two tidak lebih baik dengan model Ekspositori. Setelah peneliti melakukan analisa, model pembelajaran The Power of Two tujuannya adalah dua orang yang berfikir bersama akan lebih baik karena bisa saling menyempurnakan dibanding yang berfikir sendiri-sendiri. Namun dalam praktiknya tidak semua yang dipikirkan bersama-sama hasilnya akan lebih baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Keaktifan belajar siswa, Prestasi belajar, The Power of Two en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Ajaran 2016 / 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account