Abstract:
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan
kompetensi fisika siswa yang meliputi kompetensi pada ranah kognitif, afektif,
dan psikomotorik serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
Means Ends Analysis pada siswa kelas X.TGB SMK Negeri 1 Purworejo tahun
pelajaran 2016/2017. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.TGB-A
SMK Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang
siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, tes, dan angket.
Dengan indikator keberhasilan hasil belajar dan kompetensi fisika sebesar
≥75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kompetensi pada
ranah kognitif siswa meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 81,25% pada
siklus II. Pada ranah afektif meningkat dari 69,8% pada siklus I menjadi 79%
pada siklus II, dan pada ranah psikomotorik siswa meningkat dari 68,9% pada
sikuls I menjadi 87,45% pada siklus II. Hasil belajar fisika siswa dari prasiklus,
siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75%. Pada pra siklus
persentase ketuntasan belajar siswa 43,75%, meningkat menjadi 62,5% pada
siklus I, dan menjadi 81,25% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan
kompetensi fisika pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta hasil belajar
siswa kelas X.TGB-A SMK Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017