Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayati, Khusnul
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:31:58Z
dc.date.available 2018-02-06T06:31:58Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1503
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa yang meliputi kompetensi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis pada siswa kelas X.TGB SMK Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.TGB-A SMK Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, tes, dan angket. Dengan indikator keberhasilan hasil belajar dan kompetensi fisika sebesar ≥75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kompetensi pada ranah kognitif siswa meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Pada ranah afektif meningkat dari 69,8% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II, dan pada ranah psikomotorik siswa meningkat dari 68,9% pada sikuls I menjadi 87,45% pada siklus II. Hasil belajar fisika siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75%. Pada pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa 43,75%, meningkat menjadi 62,5% pada siklus I, dan menjadi 81,25% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan kompetensi fisika pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta hasil belajar siswa kelas X.TGB-A SMK Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran, Means Ends Analysis, kompetensi fisika en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account