Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Diktat Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Nisa, Khoirun
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:47:22Z
dc.date.available 2018-02-06T06:47:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1507
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan diktat fisika berbasis Problem Based Learning guna mengetahui kelayakan diktat fisika yang dikembangkan, respon peserta didik terhadap diktat fisika yang dikembangkan, dan peningkatan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Purworejo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 peserta didik. Materi yang dikembangkan adalah Fluida Dinamis. Teknik pengumpulan data Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan analisis data menggunakan Percentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari dosen ahli sebesar 3,47 dan guru fisika sebesar 3,27 dengan interpretasi “cukup baik”. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 99% dengan interpretasi “sangat baik”. Ketercapaian hasil belajar diperoleh rerata 88,62 untuk post-test sudah mencapai KKM (76). Respon peserta didik terhadap produk sebesar 79% dengan interpretasi “cukup baik”. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan diktat fisika berbasis Problem Based Learning sangat tinggi, hal ini ditunjukan dari besarnya nilai normal gain 0,845. Dengan demikian diktat fisika SMA kelas XI MIPA berbasis Problem Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar fisika pada pokok bahasan Fluida Dinamis. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Pengembangan, Diktat, Problem Based Learning, Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengembangan Diktat Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account