Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kepercayaan diri siswa
kelas VII I MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan model
pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan; dan (2) apakah komunikasi
matematis siswa kelas VII I MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017
dengan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mengukur
kepercayaan diri dan komunikasi matematis lisan siswa setiap pertemuan, serta teknik
tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis tulis siswa yang
dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar
observasi kepercayaan diri dan komunikasi matematis lisan serta tes evaluasi yang
berbentuk soal uraian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepercayaan diri siswa dalam belajar
matematika mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 62,50% pada
siklus I menjadi 78,13% pada siklus II; dan (2) komunikasi matematis lisan siswa
dalam belajar matematika mengalami peningkatan dengan persentase sebesar
40,63% pada siklus I menjadi 71,88% pada siklus II, serta kemampuan
komunikasi matematis tulis siswa dalam belajar matematika mengalami
peningkatan dengan presentase sebesar 28,13% pada siklus I menjadi 78,13%
pada siklus II.