Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah :(1) untuk mengetahui apakah dengan
model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII B SMP
Negeri 14 Purworejo. (2) untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran
TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII B SMP Negeri 14
Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek adalah
siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang
terdiri dari 16 siswa putri dan 16 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan
metode observasi,tes, dan dokumentasi. Data mengenai keaktifan belajar siswa
dikumpulkan dengan lembar observasi keaktifan siswa. Sedangkan data prestasi
belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes prestasi. Setelah data
terkumpul, data di analisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa
kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo mengalami peningkatan setelah mengikuti
pembelajaran melalui model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Hal ini
ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap keaktifan belajar siswa pada siklus 1
rata-rata 71,79% dengan kategori cukup dan pada siklus II rata-rata 77,02%
dengan kategori baik. Data awal yang digunakan untuk tes prestasi belajar
matematika siswa adalah nilai rerata ulangan umum semester,dengan rerata 64,25
dan ketuntasan klasikal 15,62%. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil
rerata prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rerata sebesar 70,78 dengan
ketuntasan klasikal 62,5%, sedangkan pada siklus II rerata sebesar 80,46 dengan
ketuntasan klasikal 81,25%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan
dan prestasi belajar matematika siswa.