Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran tipe TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetyo, Anjar Cipto
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:53:01Z
dc.date.available 2018-02-06T06:53:01Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1510
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah :(1) untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo. (2) untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa putri dan 16 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi,tes, dan dokumentasi. Data mengenai keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi keaktifan siswa. Sedangkan data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes prestasi. Setelah data terkumpul, data di analisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap keaktifan belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 71,79% dengan kategori cukup dan pada siklus II rata-rata 77,02% dengan kategori baik. Data awal yang digunakan untuk tes prestasi belajar matematika siswa adalah nilai rerata ulangan umum semester,dengan rerata 64,25 dan ketuntasan klasikal 15,62%. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rerata sebesar 70,78 dengan ketuntasan klasikal 62,5%, sedangkan pada siklus II rerata sebesar 80,46 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject TPS (Think Pair Share) keaktifan siswa, prestasi belajar en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran tipe TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account