dc.description.abstract |
Tujuan penelitian adalah:(1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan
media pembelajaran motor bensin 2 langkah untuk meningkatkan hasil belajar
pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo;(2) untuk mengetahui
kelayakan pengembangan media pembelajaran motor bensin 2 langkah untuk
meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Purworejo;(3) untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa terhadap media
pembelajaran motor bensin 2 langkah untuk meningkatkan hasil belajar pada
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D(Research and
Development).Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 FKIP Teknik
Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, yang
berjumlah 40 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisa deskripsi.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan
media pembelajaran motor bensin 2 langkah meliputi pencarian potensi masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba
produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk; (2) media
pembelajaran motor bensin 2 langkah yang dikembangkan layak digunakan
sebagai media pembelajaran, di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini
dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang
menunjukkan hasil 88.80% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi
yang menunjukkan hasil 86.60% dari skor kriterium; (3) Hasil analisis data hasil
evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol
75,80 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,25. Terdapat selisih rata-rata hasil
evaluasi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 7,45. Dari analisis
data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara mahasiswa yang belum
mengunakan media pembelajaran dan mahasiswa yang sudah menggunakan
menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat
digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan prestasi mahasiswa
terhadap pemahaman materi. |
en_US |