dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) sumber
belajar; (2) minat belajar; (3) kepercayaan diri; (4) sumber belajar dan minat
belajar; (5) sumber belajardan kepercayaan diri; (6) minat belajar dan kepercayaan
diri; (7) sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi
belajar matematika; (8) pengaruh sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan
diri terhadap prestasi belajar matematika.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini
yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen sebanyak
448orang dengan sampel sebanyak 112 orang. Pengambilan sampel dengan teknik
propotionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi,
angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan
regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji
linearitas, dan uji keberartian.
Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y =
, yang artinya prestasi belajar matematika
dipengaruhi oleh sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar: 0,389; 0,473;
0,501; 0,528; 0,547 ; 0,528. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara: (1) sumber belajar; (2) minat belajar; (3)
kepercayaan diri; (4) sumber belajar dan minat belajar; (5) sumber belajar dan
kepercayaan diri; (6) minat belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar
matematika; dan (7) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber
belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika
sebesar 19,143. |
en_US |