Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Sumber Belajar, Minat Belajar, dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Muiz, Afin
dc.date.accessioned 2018-02-06T06:56:26Z
dc.date.available 2018-02-06T06:56:26Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1513
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) sumber belajar; (2) minat belajar; (3) kepercayaan diri; (4) sumber belajar dan minat belajar; (5) sumber belajardan kepercayaan diri; (6) minat belajar dan kepercayaan diri; (7) sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika; (8) pengaruh sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen sebanyak 448orang dengan sampel sebanyak 112 orang. Pengambilan sampel dengan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = , yang artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar: 0,389; 0,473; 0,501; 0,528; 0,547 ; 0,528. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) sumber belajar; (2) minat belajar; (3) kepercayaan diri; (4) sumber belajar dan minat belajar; (5) sumber belajar dan kepercayaan diri; (6) minat belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika; dan (7) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika sebesar 19,143. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Sumber Belajar, Minat Belajar, Kepercayaan diri, dan Prestasi Belajar Matematika en_US
dc.title Hubungan Sumber Belajar, Minat Belajar, dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account