Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan kemandirian
belajar matematika dengan strategi pembelajaran problem based learning pada
siswa kelas VII-A SMP Negeri 22 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 22 Purworejo
tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data
dengan metode observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Setelah data diperoleh
kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.
Hal ini dilihat dari perolehan hasil rata-rata persentase untuk lembar
observasi aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 22
Purworejo tahun ajaran 2016/2017 sebesar 61,79% pada siklus I, meningkat
menjadi 74,72 pada siklus II. Perolehan hasil rata-rata persentase kemandirian
belajar dilihat dari lembar observasi kemandirian belajar matematika dan angket
sebesar 66,77% pada siklus I meningkat menjadi 79,06% pada siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PBL dapat meningkatkan
aktivitas dan kemandirian belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 22
Purworejo tahun ajaran 2016/2017.