Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) perosedur pengembangan
media pembelajaran motor bensin 4 langkah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017, 2) mengetahui kelayakan
pengembangan media pembelajaran motor bensin 4 langkah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017 dan 3) mengetahui
efektivitas media pembelajaran motor bensin 4 langkah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R &
D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa.
Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui
kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur pengembangan
media pembelajaran motor bensin 4 langkah meliputi pencarian potensi masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba
produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media
pembelajaran motor bensin 4 langkah yang dikembangkan layak digunakan
sebagai media pembelajaran siswa kelas X TKR, di SMK Puspajati. Hal ini dapat
dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang
menunjukkan hasil 92.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi
yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan
bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar
(thitung = 6.244 dan p = 0,000) pada siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017. Hal
ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil
memperoleh 80.50% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar
memperoleh skor 83.70% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa
menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang tanpa menggunakan media motor
bensin 4 langkah dan yang menggunakan media motor bensin 4 langkah. Melalui
uji normalitas diperoleh p = 0.100, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua
kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =
0,302 dengan p = 0.585, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian
homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih
besar dari harga t-tabel yaitu 6.244 > 1.708. Dengan demikian media
pembelajaran motor bensin 4 langkah telah berhasil meningkatkan hasil belajar
siswa.