Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar
dan kemandirian belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Numbered
Heads Together (NHT) lebih baik dari prestasi belajar dan kemandirian belajar
siswa yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share (TPS); dan (2) apakah
model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan di
kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Ambal tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen penelitian
berupa tes prestasi belajar, lembar observasi kemandirian belajar, dan lembar
keterlaksanaan. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat
disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa yang
dikenai model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari
prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran
Think Pair Share (TPS); dan (2) model pembelajaran Numbered Heads
Together (NHT) tidak efektif jika diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal
tahun pelajaran 2016/2017.