Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperim entasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-06T07:34:15Z
dc.date.available 2018-02-06T07:34:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1520
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share (TPS); dan (2) apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar, lembar observasi kemandirian belajar, dan lembar keterlaksanaan. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share (TPS); dan (2) model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) tidak efektif jika diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Numbered Heads Together (NHT)), Think Pair Share (TPS), prestasi belajar, kemandirian belajar, dan keefektifan en_US
dc.title Eksperim entasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account