Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Priyana, Kamal
dc.date.accessioned 2018-02-06T07:36:14Z
dc.date.available 2018-02-06T07:36:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1522
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar efektivitas hasil belajar terhadap media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D(Research and Development).Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa deskripsi. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Prosedur pengembangan media pembelajaran motor bensin yang di kembangkan oleh peneliti meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk sampai uji coba pemakaian. (2) Media pembelajaran motor bensin cukup layak digunakan untuk pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan tahap kelayakan oleh ahli media mendapatkan 75% dengan kategori “cukup valid”, serta ahli materi mendapatkan 80% dengan kategori “valid”. Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran motor bensin ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 81%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 82,40%; Total penilaian kedua kelompok mendapatkan kategori “valid”. (3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian hasil belajar didapatkan nilai rata-rata mahasiswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 72,60 dan nilai rata-rata mahasiswa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 79,20 dengan selisih rata-rata sebesar 6,60. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media pembelajaran, Hasil Belajar, Motor bensin en_US
dc.title Pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account