Abstract:
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP
Negeri 12 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode angket, dan
catatan lapangan sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
kepercayaan diri, lembar observasi motivasi belajar, lembar angket kepercayaan
diri, lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rerata
presentase
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran
Cooperative Script dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kepercayaan
diri dan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII D SMP
Negeri 12 Purworejo. Keadaan ini ditunjukkan bahwa pada hasil persentase
observasi kepercayaan diri pada siklus I 68% atau dengan kategori cukup
meningkat pada siklus II menjadi sebesar 77% dalam kategori baik. Ditunjukkan
pada hasil persentase angket kepercayaan diri siklus I mencapai 77% atau dengan
kategori baik meningkat pada siklus II sebesar 78% dalam kategori baik. Serta
berdasarkan hasil persentase observasi motivasi belajar pada siklus I 70% atau
dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 80% atau dengan kategori
baik. Ditunjukan pada hasil persentase angket motivasi belajar siklus I 75% atau
dengan kategori baik meningkat pada siklus II sebesar 78% atau dengan kategori
baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Cooperative Script pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan
kepercayaan diri dan motivasi belajar matematika di kelas VII D SMP Negeri 12
Purworejo.