Abstract:
Tujuan yang hendak dicapai oleh penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi sistem pendinginan dengan menggunakan media audio visual.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, karena penelitian ini melakukan perlakuan atau manipulasi variabel. Perlakuan yang dilakukan terhadap variabel bebas dilihat hasilnya pada variabel terikatnya. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Objek penelitian ini yaitu media audio visual, sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Bunda Satria Wangon Populasi dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI TKR 6, dan kelas XI TKR 7. Masing-masing kelas terdiri dari 44-45 siswa..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media audio visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai t=22,811 yang nilainya lebih besar dari ttabel=1,988. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media audio visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai t=6,190 yang nilainya lebih besar dari ttabel=1,988. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Audio Visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.