Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian
tindakan kelas dengan metode pembelajaran problem based learning
dalam pembelajaran mata pelajaran pemeliharaan sistem pengapian
konvensional, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem
based learning terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui
pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning terhadap hasil
belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah
siswa Kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017,
yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 3 siswa
perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan
aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan
pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator
keterlaksanaan pembelajaran problem based learning. Setelah data
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.
Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari
persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi
awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa tuntas pada observasi
awal yaitu 50,74%, nilai pada siklus I menjadi 62,59%, dan pada siklus II
menjadi 72,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas XI Tkr 3 Smk Negeri 2 Kebumen dengan
ditandai meningkatnya hasil pembelajaran.