Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi
belajar matematika yang signifikan antar kompetensi keahlian. Adapun kompetensi
keahlian tersebut yaitu kompetensi keahlian Akuntansi, kompetensi keahlian
Administrasi Perkantoran, dan kompetensi keahlian Tata Niaga kelas X,
XI, dan XII di SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen tahun pelajaran
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif dengan metode komparatif k
sampel, populasi penelitian yakni semua siswa SMK Negeri 1 Karanganyar sebanyak
1141 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate
stratified random sampling diambil sebanyak 270 siswa menggunakan tabel Isaac
dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi
menggunakan rapor semester ganjil. Statistik uji yang digunakan untuk menguji
hipotesis menggunakan Statistik Nonparametrik yaitu Analisis Varians Satu
Jalan Kruskal-Walls.
Dari hasil pengolahan data diperoleh R1 = 17583; R2 = 10651,5; dan R3 =
8350,5. Uji hipotesis pernelitian diperoleh harga Hhitung = 40,7656 dan
tabel =
5,991; karena Hhitung = 40,7656 >
tabel = 5,591 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa
yang signifikan ditinjau dari kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Karanganyar
Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017.