Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis alat peraga sistem pengisian baterai sepeda motor untuk meningkatan minat belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. 2) Untuk mengetahui kelayakan alat peraga sistem pengisian baterai sepeda motor dalam pembelajaran dan 3) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis alat peraga sistem pengisian baterai sepeda motor untuk meningkatkan minat belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif.
Jenis penelitian ini adalah Research And Development R & D dengan jumlah sampel sampel 50 mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Validasi media pembelajaran diperoleh menggunakan angket yang diberikan kepada ahli dan responden atau mahasiswa dengan skala likert empat pilihan untuk mengukur validitas responden terhadap media pembelajaran satand sistem pengisian baterai sepeda motor. Data minat belajar diperoleh menggunakan data dokumentasi hasil evaluasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Pengembangan media pembelajaran yang di kembangkan oleh peneliti yaitu berupa media pembelajaran stand sistem pengisian baterai sepeda motor. 2) Hasil penelitian pada tahap uji validitas atau kelayakan oleh ahli materi dan media mendapatkan kategori “valid”. Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran stand sistem pengisian baterai sepeda motor ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 93,5%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 88%. 3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian minat belajar didapatkan nilai rata-rata mahasiswa kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran stand sistem pengisian baterai sepeda motor sebesar 85,15 dan nilai rata-rata mahasiswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran stand sistem pengisian baterai sepeda motor sebesar 79,9. Selisih nilai rata-rata siswa mencapai sebesar 6, hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran stand Sistem pengisian baterai sepeda motor dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa.