Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan modul matematika
dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP serta mengetahui kelayakan
modul matematika dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP yaitu
mengetahui kualitas modul berdasarkan penilaian ahli, mengetahui respon siswa
terhadap modul serta mengetahui keefektifan modul.
Prosedur pengembangan dengan mengadaptasi pada model pengembangan
ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu Analyze, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan
meliputi lembar penilaian modul dan angket respon siswa serta tes prestasi
belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif
kualitatif. Uji coba dilakukan pada siswa kelasVII A SMP Negeri 7 Purworejo
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian pengembangan ini diawali dengan melakukan analisis
kebutuhan dan materi diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya
buku paket dan belum tersedianya modul matematika dengan pendekatan
kontekstual, serta materi bangun datar segiempat yang dianggap sulit kemudian
dikembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual yaitu dengan
mengaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari sehingga
dapat mengaktifkan siswa dan memberikan pengajaran matematika yang lebih
bermakna. Kualitas modul matematika dengan pendekatan kontekstual untuk
siswa SMP berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat layak
dengan persentase sebesar 85%, ahli materi mendapatkan kategori sangat layak
dengan persentase sebesar 84%, respon siswa terhadap modul matematika dalam
kategori baik dengan persentase 79% sementara, untuk keefektifan siswa terhadap
modul matematika memperoleh kriteria baik dengan persentase sebesar 78%,
sehingga didapat bahwa modul dengan pendekatan kontekstual yang
dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika SMP.