Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Hartini, Umi
dc.date.accessioned 2018-02-06T07:49:24Z
dc.date.available 2018-02-06T07:49:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1530
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP serta mengetahui kelayakan modul matematika dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP yaitu mengetahui kualitas modul berdasarkan penilaian ahli, mengetahui respon siswa terhadap modul serta mengetahui keefektifan modul. Prosedur pengembangan dengan mengadaptasi pada model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian modul dan angket respon siswa serta tes prestasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji coba dilakukan pada siswa kelasVII A SMP Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian pengembangan ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dan materi diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya buku paket dan belum tersedianya modul matematika dengan pendekatan kontekstual, serta materi bangun datar segiempat yang dianggap sulit kemudian dikembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual yaitu dengan mengaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengaktifkan siswa dan memberikan pengajaran matematika yang lebih bermakna. Kualitas modul matematika dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase sebesar 85%, ahli materi mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase sebesar 84%, respon siswa terhadap modul matematika dalam kategori baik dengan persentase 79% sementara, untuk keefektifan siswa terhadap modul matematika memperoleh kriteria baik dengan persentase sebesar 78%, sehingga didapat bahwa modul dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika SMP. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Modul, Matematika, Kontekstual en_US
dc.title Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account