Abstract:
Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
STAD (student Teams Achievement Division) di dalam kelas dalam pembelajaran
Teknologi Dasar Otomotif kelas X SMKN Nusawungu Tahun Pelajaran
2016/2017 (2) untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas
dalam pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X SMKN Nusawungu
Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa dengan menggunakan metode STAD (student Teams Achievement
Division) dalam pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X SMKN
Nusawungu Tahun Pelajaran 2016/2017.
Desain Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana
dalam pelaksanaannya terdiri empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 yang
berjumlah 35 orang berjenis kelamin laki-laki semua. Model pembelajaran
menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division). Metode
yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal
tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa di kelas dari siklus I ke
siklus II meningkat, dengan presentase sebesar 57,5% di siklus I dan 72,5% di
siklus ke II. meningkat sebesar 15% tiap siklus. Hasil belajar siswa meningkat
dari pre test, siklus I, dan siklus II dengan jumlah presentase jumlah siswa yang
mencapai nilai KKM mulai dari pre tes 44,11% dengan jumlah siswa yang
mencapai KKM 15 siswa. siklus I sebesar 55,88% siswa yang lulus KKM 19
siswa. dan siklus II 79,41% dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Total
peningkatan dari pretes ke siklus II sebesar 79,41%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa dikelas meningkat dan hasil belajar
siswa X TKR 1 di kelas juga meningkat.