Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN Nusawungu

Show simple item record

dc.contributor.author Triyantoro, Adi
dc.date.accessioned 2018-02-06T07:50:55Z
dc.date.available 2018-02-06T07:50:55Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1531
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode STAD (student Teams Achievement Division) di dalam kelas dalam pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X SMKN Nusawungu Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas dalam pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X SMKN Nusawungu Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode STAD (student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif kelas X SMKN Nusawungu Tahun Pelajaran 2016/2017. Desain Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam pelaksanaannya terdiri empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 yang berjumlah 35 orang berjenis kelamin laki-laki semua. Model pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Division). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa di kelas dari siklus I ke siklus II meningkat, dengan presentase sebesar 57,5% di siklus I dan 72,5% di siklus ke II. meningkat sebesar 15% tiap siklus. Hasil belajar siswa meningkat dari pre test, siklus I, dan siklus II dengan jumlah presentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM mulai dari pre tes 44,11% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 15 siswa. siklus I sebesar 55,88% siswa yang lulus KKM 19 siswa. dan siklus II 79,41% dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Total peningkatan dari pretes ke siklus II sebesar 79,41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa dikelas meningkat dan hasil belajar siswa X TKR 1 di kelas juga meningkat. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Metode STAD, Keaktifan belajar, hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN Nusawungu en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account