Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pengembangan media sistem pengisian mata kuliah kelistrikan pada mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo. 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga sistem pengisian pada mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo. 3) mengetahui hasil keterampilan belajar mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo terhadap materi sistem pengisian setelah menggunakan media sistem pengisian.
Penelitian memiliki desain R & D. 1) Populasi penelitian 37 mahasiswa semester 3 universitas muhammadiyah purworejo, kelas A dan kelas B.
2) Hasil analisis pengembangan media sistem pengisian pencapaian persentase skor jawaban tanggapan mahasiswa tentang sistem pengisian adalah 83,02% artinya pengembangan media sistem pengisian dinilai valid dan layak digunakan. Tanggapan ahli media 73,33% artinya termasuk kriteria cukup valid. Tanggapan ahli materi 77,5% artinya termasuk kriteria cukup valid. 3) Keterampilan belajar mahasiswa setelah menggunakan media sistem pengisian menunjukan nilai kelompok eksperimen secara bermakna lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.