Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai IPK terhadap nilai
ujian komprehensif mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas
Muhammadiyah Purworejo.
Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian yaitu 125 mahasiswa Pendidikan Matematika
Universitas Muhammadiyah Purworejo yang mengikuti ujian komprehensif.
Ukuran sampel penelitian sebanyak 50 mahasiswa ditentukan dengan teknik
Cluster Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus Kendal Tau.
Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjadi
subjek penelitian, 20% diantaranya memiliki IPK yang rendah, 66% mempunyai
IPK sedang dan 14% memiliki IPK yang tinggi. Dari penelitian yang dilakukan
menunjukkan bahwa 10% mahasiswa mempunyai nilai ujian komprehensif
rendah, 76% diantaranya mempunyai nilai ujian komprehensif sedang dan 14%
lainnya mempunyai nilai ujian komprehensif yang tinggi. Berdasarkan analisis
data menunjukkan bahwa Zhitung= −0,2844< Ztabel= 1,96 dengan taraf kesalahan
sebesar 5% dan n = 50 mahasiswa. Hasil yang diperoleh mengindikasikan tidak
adanya pengaruh nilai IPK terhadap nilai ujian komprehensif mahasiswa
Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Adapun faktorfaktor
yang menjadi penyebabnya adalah: kesalahan dalam pengambilan sampel,
kesalahan dalam memberikan nilai, dan kurangnya pengawasan pada saat
pelaksanaan ujian komprehensif.