Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media
pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui
efektivitas media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda
motor yang diaplikasikan pada kopetensi perbaikan/servis sistem bahan bakar
bensin serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMKN 4
Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D).
Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR A dan kelas XI TKR
B SMKN 4 Purworejo sebanyak 40 siswa yaitu kelas XI TKR A sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI TKR B sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner
(angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji
analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran cutting
sistem bahan bakar konvensional sepeda motor yang dikembangkan layak
digunakan sebagai media pembelajaran pada kopetensi perbaikan/servis sistem
bahan bakar bensin, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahli
media dengan hasil 81.67% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi
dengan hasil 83,33% dari skor kriterium. Media pembelajaran cutting sistem
bahan bakar konvensional sepeda motor juga telah memenuhi kriteria kualitas
media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji coba
kelompok kecil memperoleh 88,00% yang meliputi 5 siswa dan nilai hasil belajar
kelas eksperimen dengan rata-rata 89,75 sedangkan pada kelas kontrol hanya
79,5. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media cutting sistem bahan
bakar konvensional sepeda motor dan yang menggunakan media cutting sistem
bahan bakar konvensional sepeda motor. Melalui uji normalitas diperoleh
p=0.117, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji
homogenitas diperoleh F hitung =2,124 dengan p=0.153, karena p>0,05 maka
kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf
kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 4,39>1.725.
Dengan demikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem bahan bakar
konvensional sepeda motor dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR
SMKN 4 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.