Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Menggunakan Cutting Sistem Bahan Bakar Konvensional Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 4 Purworejo tahun ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyanto, Imam Nur
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:02:33Z
dc.date.available 2018-02-06T08:02:33Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1536
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor yang diaplikasikan pada kopetensi perbaikan/servis sistem bahan bakar bensin serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMKN 4 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR A dan kelas XI TKR B SMKN 4 Purworejo sebanyak 40 siswa yaitu kelas XI TKR A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI TKR B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kopetensi perbaikan/servis sistem bahan bakar bensin, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahli media dengan hasil 81.67% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi dengan hasil 83,33% dari skor kriterium. Media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh 88,00% yang meliputi 5 siswa dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 89,75 sedangkan pada kelas kontrol hanya 79,5. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor dan yang menggunakan media cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor. Melalui uji normalitas diperoleh p=0.117, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =2,124 dengan p=0.153, karena p>0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 4,39>1.725. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMKN 4 Purworejo tahun ajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media Pembelajaran, Cutting Sistem Bahan Bakar, Hasil Belajar en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Menggunakan Cutting Sistem Bahan Bakar Konvensional Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 4 Purworejo tahun ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account