Abstract:
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa
melalui pembelajaran Direct Instruction Berbasis Eksperimen pada siswa kelas
VII D SMP Negeri 2 Puring Kebumen.
Subyek penelitian siswa kelas VII D yang berjumlah 32 siswa. Penelitian
tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian 32
siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen
dalam penelitian berbentuk uraian yang disusun berdasarkan indikator-indikator
yang telah ditetapkan. Teknik penelitian ini menggunakan angket dan wawancara
tertulis.
Hasil penelitian berupa pengamatan tindakan dan angket motivasi dari
siklus I sampai siklus II dapat dianalisa sebagai berikut. Berdasarkan hasil
observasi siklus I diperoleh persentase 76% dari tujuh aspek yang diamati secara
umum oleh observer. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru
tentang materi yang telah dipelajari masih sedang. Berdasarkan data hasil
pengamatan siklus II diperoleh persentase 80% dari tujuh aspek yang diamati
secara umum oleh observer. Keaktifan siswa dalam dalam berdiskusi dan
mempresentasikan hasil pengamatannya sudah baik. Berdasarkan hasil
rekapitulasi angket motivasi belajar siswa kelas VII D pada siklus I skor rerata
gabungannya mencapai 1,49 yang mana motivasi belajar siswa masuk dalam
katagori baik. Berdasarkan hasil rekapitulasi angket motivasi belajar siswa kelas
VII D pada siklus II, skor rerata gabungannya mencapai 1,62 yang mana motivasi
belajar siswa masuk katagori sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi kelas VII D
pada Siklus I, Siswa yang tuntas KKM mencapai 62,5% dari 32 siswa.
Berdasarkan hasil evaluasi kelas VII D pada Siklus II, siswa yang tuntas KKM
mencapai 81,25% dari 32 siswa. Dengan demikian, dari hasil siklius I dan siklus
II dapat dilihat bahwa Direct Instruction Berbasis Eksperimen dapat
meningkatkan motivasi siswa untuk pembelajaran IPA.