Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN MOTIVASI SISWA MELALUI DIRECT INSTRUCTION BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA SMP NEGERI 2 PURING KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Marsinem
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:04:02Z
dc.date.available 2018-02-06T08:04:02Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1537
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa melalui pembelajaran Direct Instruction Berbasis Eksperimen pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Puring Kebumen. Subyek penelitian siswa kelas VII D yang berjumlah 32 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian berbentuk uraian yang disusun berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Teknik penelitian ini menggunakan angket dan wawancara tertulis. Hasil penelitian berupa pengamatan tindakan dan angket motivasi dari siklus I sampai siklus II dapat dianalisa sebagai berikut. Berdasarkan hasil observasi siklus I diperoleh persentase 76% dari tujuh aspek yang diamati secara umum oleh observer. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru tentang materi yang telah dipelajari masih sedang. Berdasarkan data hasil pengamatan siklus II diperoleh persentase 80% dari tujuh aspek yang diamati secara umum oleh observer. Keaktifan siswa dalam dalam berdiskusi dan mempresentasikan hasil pengamatannya sudah baik. Berdasarkan hasil rekapitulasi angket motivasi belajar siswa kelas VII D pada siklus I skor rerata gabungannya mencapai 1,49 yang mana motivasi belajar siswa masuk dalam katagori baik. Berdasarkan hasil rekapitulasi angket motivasi belajar siswa kelas VII D pada siklus II, skor rerata gabungannya mencapai 1,62 yang mana motivasi belajar siswa masuk katagori sangat baik. Berdasarkan hasil evaluasi kelas VII D pada Siklus I, Siswa yang tuntas KKM mencapai 62,5% dari 32 siswa. Berdasarkan hasil evaluasi kelas VII D pada Siklus II, siswa yang tuntas KKM mencapai 81,25% dari 32 siswa. Dengan demikian, dari hasil siklius I dan siklus II dapat dilihat bahwa Direct Instruction Berbasis Eksperimen dapat meningkatkan motivasi siswa untuk pembelajaran IPA. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject motivasi, Direct intruction, Eksperimen en_US
dc.title PENINGKATAN MOTIVASI SISWA MELALUI DIRECT INSTRUCTION BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA SMP NEGERI 2 PURING KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account